Sumber Referensi atau Rujukan dalam Menulis Makalah

Makalah merupakan salah satu dari jenis karya tulis ilmiah. Oleh karena itu dalam menulis makalah harus berdasarkan fakta dan sesuai dengan kajian ilmiah agar tulisan dalam makalah dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai contoh, jika kita akan menulis tentang pengertian pendidikan maka sebelum mengemukakan pendapat kita tentang arti pendidikan kita harus merujuk kepada pendapat para ahli dalam bidang pendidikan. Sehingga pembahasan kita tidak melenceng dari jalur yang benar. Oleh sebab itu, untuk mengutip pendapat para ahli harus disebutkan sumbernya. Para ahli biasanya menggemukkan pendapat mereka dengan menulis buku atau media lainnya dalam bentuk karya tulis ilmiah, baik melalui media cetak atau media online.

Pengertian Referensi atau Rujukan

Referensi atau rujukan adalah sebagai bukti atau alat penguat untuk mendukung argumentasi atau informasi yang ditulis oleh penulis. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika kita akan membahas tentang pendidikan tanpa menambahkan referensi, maka sesuatu yang kita bahas akan dipertanyakan kebenarannya. Oleh karena itu referensi atau rujukan sangat penting dalam menulis karya ilmiah seperti makalah.

Sumber-sumber yang Dapat Dijadikan Referensi atau Rujukan

Berikut ini adalah sumber rujukan yang baik dalam menyusun makalah.

1. Buku

Buku merupakan sumber dan rujukan terbaik untuk menulis makalah. Kebanyakan buku ditulis oleh para ahli atau instansi yang ahli di bidangnya dan informasi di dalamnya lebih valid. Isi buku diawasi sangat ketat oleh pemerintah maupun para ilmuwan. Jadi, ketika ada buku yang isinya menyesatkan maka buku tersebut pasti akan dilarang untuk diterbitkan atau akan ditarik dari peredarannya jika sudah diedarkan. Selain itu, buku juga membahas secara detail tentang sebuah topik pembahasan. Misalnya, jika buku tersebut berjudul pendidikan, maka buku tersebut akan membahas secara detail tentang pendidikan seperti, pengertian pendidikan, sejarah pendidikan, tujuan pendidikan, manfaat pendidikan, pengaruh pendidikan, dan hal lainnya yang terkait dengan pendidikan.

2. Jurnal

Jurnal adalah sebuah tulisan yang berisi artikel dan membahas sebuah topik ilmu pengetahuan tertentu secara khusus. Jurnal biasanya membahas tentang pengaruh atau hubungan dalam masalah tertentu. Umumnya, pembahasan dalam jurnal dilengkapi dengan data statistik yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan. Misalnya, jika jurnal berjudul “Pengaruh Game Online terhadap Prestasi Belajar” maka isi jurnal tersebut biasanya akan membahas tentang, ada tidaknya pengaruh game online terhadap prestasi belajar, jika ada berapa besarkah pengaruhnya, berapakah nilai rata-rata pelajar yang bermain online dan yang tidak, dan hal yang lainnya.

3. Artikel

Artikel adalah tulisan yang berisi fakta atau opini tentang topik tertentu yang dibahas secara lengkap dan ringkas dalam bentuk deskripsi. Tidak seperti buku, artikel ditulis lebih pendek dan hanya membahas poin-poin penting atau inti sari dari sebuah topik yang dibahas. Saat ini, artikel banyak beredar di media online dan mayoritas bacaan yang ada di internet ditulis dalam bentuk artikel. Wikipedia adalah salah satu sumber artikel terbaik untuk referensi atau rujukan dalam penulisan makalah.

4. Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Skripsi, tesis, dan disertasi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas akhir yang diberikan oleh pihak universitas dan ditulis dengan menggunakan pedoman yang berlaku. Tugas akhir tersebut berisi hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di bidang tertentu. Biasanya skripsi, tesis, dan disertasi diambil data hasil penelitiannya sebagai sumber rujukan. Karena karya tulis ilmiah tersebut ditulis berdasarkan hasil penelitian dan berisi data yang valid, maka dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam penulisan makalah.

Kesimpulan

Sumber-sumber di atas hanyalah rujukan yang paling sering digunakan dalam penulisan karya tulis seperti makalah. Pada dasarnya, semua bentuk tulisan yang valid dan terpercaya dapat dijadikan sebagai sumber referensi atau rujukan untuk penulisan makalah. Bukan hanya tulisan, hasil wawancara dan ucapan seorang ahli dalam pidato atau seminar juga dapat dijadikan sebagai sumber rujukan.

Tinggalkan komentar