Cara Cek Typo pada Makalah atau Skripsi

Typo atau salah penulisan kata banyak sekali ditemukan pada sebuah tulisan di media cetak ataupun online. Penulisan kata yang benar merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah penulisan yang akan dipublikasikan. Apalagi jika Anda adalah seorang mahasiswa, ketika menyusun tugas akhir seperti skripsi tentu akan memiliki banyak sekali coretan jika terdapat banyak typo atau salah mengetik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang melakukan typo dalam penulisan kata.

Faktor-faktor yang Menyebabkan Typo

1. Tidak Pandai Mengetik

Saat ini, tulisan lebih banyak dilakukan secara digital ketimbang menggunakan alat tulis seperti pulpen atau pensil. Orang yang tidak biasa mengetik, tentu akan banyak sekali melakukan kesalahan dalam penulisan kata yang baik dan benar.

2. Keyboard atau Keypad Rusak

Keyboard juga bertanggungjawab terhadap hasil penulisan kata yang baik dan benar. Jika salah satu tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik maka akan menyebabkan typo ketika menulis. Untuk itu, jangan menggunakan keyboard yang bermasalah dan lebih baik menggantinya.

3. Tidak Mengetahui Kata Baku

Typo bukan hanya salah mengetik kata seperti kurang atau kelebihan huruf, urutan huruf yang tidak sesuai, atau tidak menggunakan spasi antara kata. Tidak mengetahui kata yang baku juga akan menyebabkan typo. Sebagai contoh, kata “orangtua” seharusnya diketik dua kata yaitu “orang tua”, “terimakasih” seharusnya “terima kasih”. Begitu juga kata-kata yang lain yang sering kita dengar sehari-hari padahal kata tersebut tidak baku. Contohnya, kata “shalat” atau “sholat” merupakan kata yang tidak baku dan menurut KBBI kata yang baku adalah “salat”. Untuk mengecek sebuah kata baku atau tidak, Anda dapat mengunjungi situs KBBI online untuk mengeceknya.

4. Kurang Konsentrasi

Meskipun pandai mengetik, keyboard bagus, dan ahli dalam Bahasa Indonesia, ketika kurang konsentrasi akan menyebabkan kurang teliti. Hal ini biasanya dipicu oleh faktor kelelahan, suasana hati yang sedang kacau (bad mood), dan multitasking (seperti bekerja sambil chat atau mengobrol, menonton TV, dll.). Untuk mengatasinya, jika sedang kelelahan istirahatlah sejenak untuk menghilangkan penat, jika sedang bed mood tinggalkanlah, dan hindari kegiatan yang lain selain kegiatan inti.

Cara-cara untuk Mengecek Typo

1. Cek Typo Menggunakan Microsoft Word

Sebenarnya Microsoft Word memiliki alat pemeriksa bahasa atau proofing tools yang berguna untuk memeriksa kata yang baku dan cara penulisan yang benar. Dengan menggunakan proofing tools maka kesalahan dalam penulisan dapat diminimalisir. Biasanya pengaturan standar (deafult) alat pemeriksa bahasa yang terpasang di Microsoft Word adalah untuk memeriksa kata-kata dalam Bahasa Inggris. Itulah sebabnya ketika kita menulis selain Bahasa Inggris akan terdapat garis bawah merah di setiap kata. Itu menandakan bahwa kata yang ditulis adalah salah karena bukan Bahasa Inggris. Tetapi jika alat pemeriksa bahasa yang terpasang adalah Bahasa Indonesia, maka penulisan kata selain Bahasa Indonesia yang akan digaris merah atau dianggap salah. Alat pemeriksa bahasa Indonesia hanya didukung oleh Microsoft Word versi 2013 ke atas. Untuk memasangnya, harus mendownload terlebih dahulu alat pemeriksa bahasa atau proofing tools untuk Bahasa Indonesia di situs Microsoft. Berikut ini adalah link untuk mendownload proofing tools Bahasa Indonesia.

Microsoft Office Proofing Tools 2013 Bahasa Indonesia

Microsoft Office Proofing Tools 2016 & 2019 Bahasa Indonesia

Catatan:

Sebelum mendownloadnya, cek terlebih dahulu versi Microsoft Word Anda, apakah menggunakan versi 32 bit (x86) atau 64 bit (x64). Untuk mengeceknya, kilk File → Account →About Word.

2. Cek Typo Menggunakan Google Docs

Jika kita tidak memiliki Microsoft Word versi 2013 ke atas, alternatif lain untuk cek typo adalah dengan menggunakan Google Docs. Kita copy paste teks dari Microsoft Word ke Google Docs atau uploud dokumen ke Google Drive dan buka dengan Google Docs. Kemudian klik File → Language → Indonesia untuk agar dapat memeriksa teks dalam Bahasa Indonesia.

3. Cek Typo Secara Online

Situs web terbaik untuk mengecek typo Bahasa Indonesia secara online adalah di typoonline.com. Seperti di Google Docs, kita tinggal copy paste atau upload dokumen untuk mengeceknya.

Kesimpulan

Di antara ketiga cara cek typo di atas, Microsoft Word adalah yang paling baik dan paling akurat. Karena selain mengecek kesalahan tulisan, kata yang tidak baku juga akan dianggap salah oleh Microsoft Word. Oleh karena itu, kita secara tidak langsung belajar atau mengetahui kata yang baku dan tidak baku dalam Bahasa Indonesia.

Tinggalkan komentar